Cari di Blog Ini ... !

Amil Zakat Investasi Dunia Akhirat

Artikel Keagamaan |||| Zakat Profit Berbagi Sesama ||| Samshids Blog
Lomba Posting Blog : Kampanye Sadar Zakat Melalui Blog Andai Aku Menjadi Amil Zakat
Amil Zakat Investasi Dunia Akhirat
Hidup sejahtera adalah keinginan semua orang, tapi dunia tidak munafik jika memang harus ada orang di sekitar kita masih kurang beruntung. Pastinya Tuhan mempunyai maksud tersendiri jika terjadi demikian. Namun apakah tidak bisa semua orang bisa menikmati yang namanya kesejahteraan, tentulah bisa sesuai dengan roda kehidupan yang diputar sedemikian rupa oleh Sang Pencipta.
Islam mengajarkan suatu keadilan bagi manusia, salah satunya adalah berbagi sesama manusia melalui sedekah dan zakat. Zakat merupakan suatu tindakan dimana seseorang yang sudah meliliki harta cukup untuk dapat dibagikan kepada sesamanya dalam jumah sesuai syariah Islam.
Memang sudah menjadi kewajiban setiap muslim untuk menyalurkan zakat guna membersihkan harta yang dimilikinya, karena setiap harta yang dimiliki ada sebagian kepunyaan orang lain, sehingga tidak bagi kita memakan ataupun menggunakan hak-hak orang lain sebagaimana ajaran Islam. Secara umum zakat terbagi atas zakat mal dan zakat fitrah. Zakat fitrah sudah pasti ketentuannya dan dilaksanakan pada bulan Ramadhan sebelum didirikannya solat Ied. Sedangkan zakat mal berupa perhitungan seluruh harta benda yang dimiliki.
Bagi setiap muslim memang harus sudah mengerti seberapa harta yang harus dizakatkan. Namun tidak semua orang dapat menghitungnya dan kepada siapa zakat tersbut layak diserahkan. Di sinilah peran amil zakat yang begitu besar dapat terlihat. Amil zakat adalah penyalur zakat yang sudah terkumpul dari orang-orang lalu dibagikan kepada yang berhak. Apalagi di era kemajuan ini manusia sibuk dengan dirinya masing-masing adalah alasan relasi kepada amil zakat adalah hal terpenting.
Di kampung-kampung ketika menjelang hari raya Idul Fitri banyak sekali pemuda-pemudanya membentuk amil zakat sehingga sangat membantu warga dalam penyaluran dan penepatan pendistribusian zakat. Seandainya amil zakat tersebut menjadi sorotan masyarakat pada kehidupan sehari-harinya maka banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Dengan zakat, angka kemiskinan dapat diturunkan dan angka kesejahteraan warga dapat telihat merata. Dengan begitu kestabilan relasi kehidupan antar warga dapat terjaga dengan baik dan mewujudkan masyarakat yang aman dan tentram.
Selain itu, zakat tidak hanya tersalurkan pada daerah sekitar kita saja tetapi juga penyaluran zakat melalui amil zakat dapat membantu orang di luar daerah yang mungkin jauh dari kita sedangkan mereka sangat membutuhkannya. Mengingat daerah satu dan yang lainnya mempunyai perbedaan masing-masing.
Zakat merupakan investasi dunia dan akhirat karena dengan berzakat dapat memperbanyak ukhkuwah islamiyah atau bisa disebut jaringan yang luas disamping juga mendapat pahala yang ditabung di akhirat nantinya. Begitu pula menjadi amil zakat selain menjadi penyalur atau distributor zakat yang dapat mengenal orang-orang disekitar lebih dekat juga mendapat pahala dari Allah swt karena membantu sesamanya. Konsep kasih sayang kepada Allah, kepada sesama dan kepada alam sekitar diwujudkan dengan tindakan berbagi kepada sesamanya sehingga tercipta kehidupan yang adil dan makmur.


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Ekiosku.com Jual Beli Online Aman Menyenangkan