Cari di Blog Ini ... !

The Power of Social Media for Creative Industry - Dongkrak Grafik Kreatifitas



Suatu bisnis yang berkembang pesat saat ini membutuhkan banyak perangkat dan pendukung untuk mengembangkan lebih bisnisnya. tidak dapat dipungkiri lagi, saat ini segala macam teknologi, informasi dan dalam komunikasi dapat diakses dengan mudah dengan banyaknya media pendukung. THE POWER OF SOCIAL MEDIA FOR CREATIVE INDUSTRY, yakni pengaruh media sosial untuk industri kreatif. jika membicarakan pengaruh, maka media sosial saat ini adalah pilar paling penting dalam pengembangannya.

Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

sedangkan sektor industri kreatif menurut departeme Perdagangan Republik Indonesia adalah Periklanan, Arsitektur, Pasar Barang Seni, Kerajinan, Desain, Fesyen, Video, Film dan Fotografi, Permainan Interaktif, Musik, Seni Pertunjukan, Penerbitan dan Percetakan, Layanan Komputer dan Piranti Lunak, Televisi dan Radio, Riset dan Pengembangan, Kuliner.
aspek industri kreatif sangatlah banyak, bisa meliputi semua kalangan. secara garis besar kalangan yang paling berpengaruh adalah remaja dan umum. pada kalangan remaja dapat kita lihat bahwa saat ini sektor-sektor dunia maya banyak diminati oleh remaja dan para mahasiswa. anak muda mempunyai bekal yang banyak dari keilmuaannya untuk mengembangkan potensinya. keahlian dalam blogging, mesenger, fotografi, musik, seni, riset dan pengembangannya dapat dijadikan pendongkrak industri kreatif dikalangan tersebut.
untuk kalangan umum sudah mampu meliputi era bisnis global. cakupan dalam berbisnis sudah semakin luas.

->>keahlian dalam blogging dapat di manfaatkan untuk periklanan yang tentunya melatih kreatifitas. saat ini banyak perusahaan yang memasang iklan di internet dalam promosinya. untuk kita mungkin masih belum tahu apa yang bisa dipromosikan dari diri kita, jadi mungkin kita bisa memanfaatkan kreatifitas dalam menulis dan menghias web agar banyak para investor berkunjung di web kita. selain itu keahlian dalam mengoperasikan komputer dapat mengeksplore kemampuan kita. dengan hanya berbekal sebuah PC dengan aplikasi seperti visual basic dan buku panduan dalam pembuatan program, kita dapat berkreatifitas menciptakan program-program komputer yang sangat diminati, seperti contoh program multimedia musik, video editor, antivirus, dan game android

->>desain dan fesyen juga sangat populer. desain yang bagus serta tampilan yang indah membuat orang lebih tertarik pada kerjasama dengan kita.

->>jika kita mempunyai keahlian khusus pada musik dan seni, hal yang harus kita lakukan adalah mengeksplore kemampuan kita kepada umum, karena musik dan seni saat ini bukan hanya dinilai sebagai pelengkap hidup, namun juga sebagai kebutuhan dan kreatifitas.

secara umum industri kreatif berjalan melalui kreatifitas penguasaha. saat ini orang menggunakan internet (facebook, twitter, blog, web, linkedin, yahoo, windows live dsb), televisi, radio, koran dan lainnya. mengenai media sosial sebagai bentuk perekrutan.
hampir seluruh orang didunia ini terhubung dengan media sosial. segala macam bentuk bisnis dapat di informasikan dan diakses dengan mudah, sehingga bisnis lebih cepat berkembang. mempromosikan bisnis rumahan ataupun jasa yang bisa digunakan dengan internet sangatlah berguna.
jika kita menggunakan konsep POWER OF SOCIAL MEDIA FOR CREATIVE INDUSTRY maka banyak sekali peluang bisnis yang bisa kita dapatkan.

untuk para pemula yang membuka akun di media sosial, mungkin terasa sulit sekali jika harus menyiapkan segala bentuk pelayanan yang bisa dijalankan. maka sebaiknya diawali hanya dengan menerkaitkan informasi pribadi untuk dipromosikan. walaupun tidak memiliki bisnis yang besar, setidaknya kita dapat terhubung dengan orang banyak, dengan itu kita bisa mempunyai rekan yang banyak pula untuk menjalankan kerjasama.

dalam penerapan bisnis yang dapat dipromosikan dengan media sosial di internet maka kita harus mempunyai langkah-langkah agar bisnis yang kita jalankan dapat berjalan dengan lancar, diantaranya:
ü  mempunyai akun diberbagai media sosial
kenapa harus seperti itu? ya inilah awal agar kita bisa terhubung oleh banyak orang.
ü  mempunyai akun-akun terkait antara media sosial yang satu dengan yang lain.
mempunyai akun banyak, berarti kita mempunyai beban yang banyak untuk mengaturnya. akan lebih mudah jika kita mempunyai akun terkait, jadi cukup mengurus satu akun, akun yang lain dapat terkontrol sendiri
ü  mempunyai nama yang sama dan menarik antar akun-akun.
nama pengguna yang menarik dan mudah dicari akan memudahkan orang mengakses informasi kita
ü  mempunyai logo khusus sebagai promotor
seperti halnya suatu perusahaan besar, kita harus mempunyai logo khusus agar dapat dikenal dengan mudah
ü  memperbanyak rekan dengan menjalin pertemanan
setelah segala macam akun pendukung bisnis kita, kita perbanyak teman dan rekan kerja untuk dapat diajak kerjasama, terutama orang-orang yang suka dalam berbisnis melalui media sosial.
ü  terus mengupdate akun-akun terkait.
jika sudah menjadi salahsatu ikon bagus, baik jika kita terus mengupdate informai kita, dengan begitu rating kita terus naik di internet dan akun-akunnya.

inilah salahsatu strategi yang bisa coba diterapkan, dibawah ini adalah contoh akun-akun terhubung yang saya miliki untuk mendapat rekan lebih banyak.

Blog atau web merupakan syarat pertama untuk kita bisa memberikan informasi dan pelayanan. memperbaki blog agar menarik dan memberikan informasi penuh membuat orang nyaman dengan pelayanan kita.




facebook sebagai bentuk media sosial yang paling diminati bisa menjadikan kita terhubung dengan banyak orang.








windows live tepat digunakan untuk terhubung langsung dengan para peminat teknologi, khususnya dari windows karena windows banyak memegang aset-aset peluang bisnis.






google, memang tak banyak yang tahu tentang layanan google. tetapi sebagai mesin telusur paling populer, google banyak berkontribusi buat para pengindustri kreatif, seperti halnya google adsense, media promosi dan bisnis periklanan dari google.








untuk Yahoo!, memegang peringkat layanan email populer, karena layanan yahoo sudah ada sejak dulu dan pengoperasiannya mudah. email yahoo banyak dimiliki orang, jadi akun yahoo bisa membuat kita terhubung dengan banyak orang lewat email.






nah, selain facebook, media sosial yang lain yang memegang peran paling populer dan mudah adalah twitter. twitter kebanyakan hanya sebuah tautan yang kita minati dan selanjutnya informasinya terus muncul. jika kita mempunyai pembahasan menarik dan menjadi tranding topic maka tidak sulit orang terhubung dengan kita.

wikipedia, memberikan kontribusi buat kita menuliskan berbagai ide dan pengetahuan.
melatih kreatifitas dengan tulisan.

yang selanjutnya adalah LinkedId. Linkedid adalah media sosial buat kita mempromosikan diri dan bisnis yang kita miliki. LinkedId situs populer buat para pembisnis. dengan LinkedId para pembisnis mudah merekrut kerjasama dengan kita.





Pengaruh media sosial dalam industri kreatif sangat besar. Industri kreatif dapat terkenal melalui media sosia. dengan banyaknya industri kreatif, media sosial jadi semakin ramai dan diminati.
sebagai contoh media sosial mempunyai pengaruh besar seperti;
>> media untuk terhubung dengan banyak orang,
>> sebagai media untuk menginformasikan diri terupdate
>> penguat hubungan dengan grup
>> media berbagi file, data dan info
>> media meyakinkan rekan
>> pemberita informasi terbaru
>> promosi acara, produk dsb.

Media sosial hanyalah sebuah perangkat yang digunakan untuk bisa terhubung dengan orang banyak lebih mudah. untuk itu, maka jangan gunakan media sosial untuk promosi langsung, karena sudah pasti melanggar ketentuan juga bisa membuat kita terlihat tidak pantas oleh klien kita. penggunaan media sosial hanyalah merekrut sebanyak-banyak orang untuk tergabung dalam jaringan kita, setelah itu untuk promosi sebaiknya secara tidak langsung dan halus, karena dengan seperti itu nama kita terjaga oleh para klien. namun untuk media sosial yang benar-benar memperbolehkan kita langsung promosi, maka gunakan sebaik-baiknya, seperti web pribadi/blog, LinkedId dsb.


untuk menjadikan semua hal tersebut haruslah kita banyak belajar segala apa yang kita butuhkan. tidak hanya untuk kemajuan bisnis kita, tapi untuk kemajuan kemampuan kita, kita juga harus mempunyai media yang bagus, seperti contoh halnya sekolah bisnis. sekolah bisnis yang terkenal dan sangat bagus adalah Prasetiya Mulya Business School. sekolah ini merupakan sekolah bisnis yang sudah berkembang pesat, tidak salah jika kita memilih PRASETIYA MULYA BUSINESS SCHOOL karena dengan itu kita bisa lebih mendongkrak grafik kreatifitas kita.

PRASETIYA MULYA BUSINESS SCHOOL melalui program S1 -nya sudah mampu mencetak generasi berbisnis yang tidak meragukan lagi. inilah salahsatu keunggulan dari sekian banyak hal yang dapat kita peroleh disekolah tersebut

Media sosial sebagai penggerak untuk bisa lebih kreatif lagi.
tentu saja, memang media sosial merupakan pendukung buat industri kreatif kita. yang terpenting dari media sosial adalah sering-sering menulis informasi yang berkaitan karena dalam sebuah media informasi adalah hal utama.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Ekiosku.com Jual Beli Online Aman Menyenangkan