Cari di Blog Ini ... !

Merdeka atau Mundurkah

Sebagai warga yang baik mungkin kita memang sering mendengar kata kebangiktan nasional yang  diperingati . Namun apakah kebangkitan nasional itu? kebangkitan nasional sering dikaitkan dengan hah-hal  perjuangan bangsa Indonesia dalam menggapai kemerdekaan Indonesia.perjuangan Indonesia dalam menggapai kemerdekaan memanglah sangat luar biasa. Selama berabad-abad Indonesia dijajah bangsa asing dengan berbagai siksaan dan perlakuan yang tidak berperi kemanusiaan.


Namun itulah hebatnya bangsa Indonesia yang tidak pernah mengenal kata menyerah dalam memperjuangkan kemerdekaan hingga kita sekarang bisa merasakan kebebasan dalam kemerdekaan.
Sejatinya bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya raya. Namun pada awal-awal terbentuknya kata bangsa Indonesia ini bangsa Indonesia masih terkepung dalam keterbatasan mengolah kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia, sehingga pemanfaatan sumberdaya yang ada di Indonesia hanya sebatas kebutuhan inti.
Datanglah bangsa Eropa yang entah bisa mampir
ke Indonesia ini dan kemudian menjajahnya. Bangsa eropa sangat dekat dengan peradaban-peradaban manusia masa kuno seperti yunani dan romawi. Hal itulah yang menyebabkan bangsa eropa yang lebih berkembang pemikirannya karena memang disebabkan faktor tempat dan masa. Sedangkan bangsa Indonesia adalah bangsa yang berkembang sendiri dengan peradaban manusia yang terbatas alam. Melihat bangsa Indonesia adalah bangsa yang berkembang sendiri dengan potensial yang sangat luar biasa, sebenarnya bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang maju dengan pemikiran-pemikiran yang masih segar dan berkembang.
Tapi kenapa masih saja bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terpuruk?
Kembali lagi bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya namun masih terkendala peradaban manusia yang hany berkembang sendiri. Bangsa eropa dengan seenaknya mengambil seluruh kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia. Kita tahu bahwa bangsa eropa pada saat itu sudah mengembangkan berbagai imu sehingga bisa membuktikan bahwa bumi itu bulat dan akhirnya sampai ke Indonesia. Bangsa eropa beriklim dingin, mungkin wajar jika memang bangsa eropa mengambil rempah-rempah karena untuk kebutuhan mereka.
Lambat laun bangsa Indonesia merasakan penderitaan, yang mereka rasakan adalah siapa mereka dan mereka beda dengan kita, terus mengapa mereka mengambil kekayaan yang ada didaerahku, apa mereka berkuasa? Bangsa Indonesia mulai berpikir kritis tentang apa yang dialaminya. Hal tersebut terus berkembang dengan pemikiran-pemikiran kebebasan berkuasa. Inilah tonggak dari awal pemikiran bangsa Indonesia menuju kebebasan. Inilah hal positif bangsa Indonesia karena Indonesia dapat mengembangkan pemikiran-pemikirannya sendiri. Hal tersebut menandakan bangsa Indonesia adalah bangsa yang cerdas.
Muncul lah organisasi pemersatu bangsa Indonesia yang pertama. Organisasi Boedi Oetomo menjadi penggerak bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa maju. Kebebasan adalah hal yang sangat didambakan bangsa Indonesia saat itu. pemikiran terus berkembang dan aksi perlawanan dengan berbagai taktik dilakukan hingga saatnya kemerdekaan itu akan datang.
Buah pemikiran para pemimpin besar kita saat itu yang menyuarakan berbagai hal yang diharapkan bangsa Indonesia. Hal yang diharapkan bangsa Indonesia yang utama adalah bebas dari jajahan bangsa asing sehingga dapat mengembangkan sendiri kepemilikan Indonesia. Tujuan terciptanya bangsa Indonesia juga sudah dimuat dalam undang-undang.  Kemudian juga dijelaskan bahwa “yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”
Sudah jelas sekali hal yang diharapkan bangsa Indonesia. Sekarang kita bandingkan dengan keadaan bangsa Indonesia saat ini apakah sudah tercapai MERDEKA itu.,
Merdeka bisa dikatakan bebas dari belenggu sehingga dapat hidup mandiri tanpa ada orang lain yang mengasihani ataupun ikut campur. Ini benar bangsa Indonesia saat ini sudah terbebas dari belenggu bangsa asing yang menjajah secara tertulis. Pembacaan Proklamasi oleh Ir. Soekarno sudah menjadi saksi kemerdekaan bangsa Indonesia itu. namun dibalik itu bangsa asing merasa tidak puas  dan dipermainkan oleh bangsa Indonesia pada perjanjian yang diadakan sebelumnya.
Hal tersebut juga melihat potensi ekonomi Indonesia yang sangat luarbiasa. Bangsa Indonesia memiliki jumlah pendudk yang sangat banyak sekali ini merupakan awal modal dalam berbisnis karena dapat menjadi sumber konsumen. Kekayaan alam yang sangat melimpah sudah jelas Indonesia adala bangsa yang sangat lengkap. Bahan baku produksi yang melimpah bisa menjadi modal untuk berproduksi. Kemudian jumlah pemuda Indonesia yang sangat banyak dan kurang dimanfaatkan dan diperhatikan leh pemerintah sendiri membuat bangsa asing memiliki pemikiran akan potensialnya bangsa Indonesia akan hal itu. remaja atau pemuda Indonesia tentunya adalah penggerak bangsa Indonesia itu sendiri karena pemuda-pemudi adalh yang memiliki tenaga dan pemikiran yang masih segar yang menjadi pengontrol Negara. Kurangnya perhatian terhadap pemuda-pemudi Indonesia membuat berbagai macam pengangguran dan kontrol yang kurang baik pula yang menyebabkan pemuda-pemudi Indonesia tidak bersikap seperti yang tertuang dalam Pancasila. Pengiriman tenaga kerja adalah salahsatu tawaran solusi dari pemerintah. Memang dengan seperti itu dapat mengurangi pengangguran dan mendatangkan devisa, namun apakah dengan seperti itu menandakan bangsa Indonesia adalah bangsa yang bodoh, bangsa yangh tidak dapat mengembangkan pemikiran-pemikirannya yang genius, bangsa yang katanya sudah merdeka namun tidak bisa mandiri  dan ternyata menggantungkan diri pada Negara lain. Ini semakin membuat bangsa asing menjajah Indonesia lagi secara tidak langsung.
Potensial yang keempat adalah Indonesia termasuk kedalam Negara berkembang. Kita tahu bahwa negara berkembang sangatlah membutuhkan berbagai fasilitas pendukung dalam mengembangkan diri, gejolak ekonomi juga dapat dimanfaatkan, kondisi politik yang relatif tidak stabil menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terguncang-gancing.
Salah satu unsur lagi dalam kemerdekaan adalah bersatu. Semangat bangsa Indonesia ketika masih dijajah oleh bangsa asing dalam memperjuangkan kemerdekaan sangatlah besar. Pemersatu bangsa Indonesia dalam melawan para penjajah adalah memiliki tujuan yan sama, yakni merdeka. Dari dulu sampai sekarang bangsa Indonesia memang dikenal sebagai bangsa yang suka bergotong-royong dan bersaru demi kepentingan bersama. Wajar dalam suatu perdebatan untuk menghasilkan hal yang baik untuk semuanya sering terjadi perbedaan yang kadang dapat memecah tujuan awalnya. Untuk saat ini bukti persatuan Indonesia dapat dibuktikan masih adakah atau sudah mulai hilang dari bangsa Indonesia. Lagi-lagi berita menyebut remaja, yakni seringnya tawuran pada kalangan remaja. Ini sudah menandakan pelunturan nilai dan moral dari Pancasila sebagai dasar kehidupan bangsa.
Tidak hanya para remaja, pemimpin negeri ini yang menjadi cermin bangsa pernah bentrok ketika rapat. Hal ini sangatlah memprihatinkan karena bangsa ini yang erat dengan aturan dan sopan santun sudah ternodai oleh berbagai perilaku yang tidak terpuji.
Pemegangan konsep professional dalam bekerja yang ditiru dari konsep kesuksesan bangsa luar negeri diterima dan dilaksanakan langsung tanpa ada filter dan penyesuaian dengan konsep bangsa Indonesia sendiri. Inilah yang menyebabkan ketidaksembangan di dalam negeri. Untuk saat ini uang adalah yang terpenting. Berbagai pekerjaan dan yang melatarbelakangi berbagai bidang sering diawali dengan suap. Lagi-lagi uang yang menjadi permasalahannya. Berbagai tindak diskriminasi yang dilakukan warga yang satu dengan warga yang lain karena permasalahan yang remeh menjadi pemecah persatuan bangsa. Ini adalah hal yang serius, karena hal tersebut dapat memecah bangsa ini.
Namun juga masih banyak hal-hal kerjasama untuk mempersatukan bangsa dari orang-orang yang peduli untuk melakukan kontrol terhadap rakyat Indonesia. Kita sebagai warga Indonesia wajib menjaga persaruan dan kesatuan Negara ini dan selalu melakukan konrol terhadap bangsa ini juga. Bangsa ini adalah bangsa yang besar dan tidak cukup jika hanya sebagian orang  yang menjaga persatuan ini, butuh kerjasama semua orang untuk menjalankannya.
Kedaulatan bangsa Indonesia sudah tercapai penuh dan sudah mendapat kuasa untuk mengatur dan melaksanakan kegiatan Negara ini. Para pahlawan sudah memperjuangkan kemerdekaan agar bangsa ini dapat berdaulat penuh. Kedaulatan bangsa Indonesia dapat  diartikan sebagai kekuasaan penuh untuk mengatur negara sendiri.
Kedaulatan yang di miliki bangsa Indonesia memang sudah dilaksanakan oleh pemerintah kita  dengan baik. Pemerintah indonesia sudah dapat mengatur semua aspek dan tiap-tiap bidang warga negara. Ini membuktika kedaulatan indonesia memang sudah tercapai.
Namun sistem-sistem yang bekerja untuk mengatur negara ini terkadang masih sering melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan tugasnya. Banyak oknum yang bekerja untuk kepentingan pribadi dan golongan, sehingga sistem yang bekerja pada negara ini sering mengalami kekacauan dan ketidakseimbangan.
Kembali pada kata merdeka, indonesia secara utuh sudah menjalankan negara ini dengan baik. Hampir semua aspek sudah ditangani oleh pemerintah. Namun hal yang perlu diperhatikan juga bahwa indonesia telah dikuasai oleh bangsa asing lebih dari 60%. tak heran produksi dan perusahaan asinglah yang mengusai pasar Indonesia.
Kata adil untuk bangsa indonesia saat ini perlu dikoreksi lagi menyangkut banyak sekali ketidakseimbangan dari segala aspek negara. Dari segi pendidikan yang awal pendidikan indonesia memang sudah mengalami kemajuan. Banyak dibangunsekolah-sekolah bertaraf internasional. Banyak siswa-siswi indonesia sudah sukses dan erprestasi sampai tingkat internasional. Namun kesuksesan itu tidak mungkin bisa jika tidak dipenuhi berbagai fasilitas dan prasarana pendidikan yang baik. Yang meraih prestasi kebanyakan dari sekolah-sekolah yang mahal. Banyak dari kalangan yang kurang mampu dan padahal mereka mempunyai bakat yang luar biasa tidak dapat menyalurkan bakatnya tersebut dengan baik. Sekarang ini para wartawan indonesia telah banyak menjumpai sekolah-sekolah yang hampir ambruk dan tidak layak pakai masih digunakan oleh para siswa untuk belajar. Hal tersebut sangat mengkhawatirkan. Bisa-bisa sekolah ambruk ketika sedang belajar. Pemerataan pendidikan yang ada di negeri ini belum sepenuhnya merata.
Kurangnya pemerataan bukan hanya pada pendidikan, namun dalam hal pekerjaan banyak rakyat Indonesia masih belum mendapat pekerjaan yang layak dan sesuai dengan kemampuannya. Pengangguran terjadi dimana-mana. Memang dalam mengendalikan penduduk yang banya tidaklah mudah. Pemerintah sudah banyak mengirimkan tenaga keja ke luar negeri namun juga masih banyak terjdi pengangguran. Potensi-potensi seperti inilah yang kurang diperhatikan dan dimanfaatkan. Berbagai alsaan muncul. Ada yang kurangnya skill dalam bekerja, biaya dan batas kuota suatu instansi menerima tenaga kerja. Masih banyak instansi ataupun lembaga yang mempekerjakan orang-orag dengan pekerjaan ganda juga memhilangkan kesempatan si penganggur untuk dapat bekerja.
Jumlah penduduk yang sangat melimpah dapat dijadikan sebagai sumber daya manusia yang unggul disemua bidang. Saat ini sudah banyak program pelatihan kerja dan berbagai keterampilan. Hal tersebut adalah salahsatu usaha untuk meningkatkan sumberdaya manusia Indonesia ini yang sangat melimpah.
Keadilan dalam hukum saat ini perlu ditanyakan lagi. Indonesia adalah Negara hukum. Segala aspek kehidupan bangsa sudah diatur oleh undang-undang. Berita yang sekarang ini sedang marak adalah keadilan hanya untuk orang kecil. Maksudnya adalah hukum akan tegas seadil-adilnya hanya untuk oang miskin. Sedangkan orang kaya yang mempunyai uang sangat banyak dapat membeli hukum dan mendapat berbagai keringanan dan dispensasi. Demikian bentuk keadilan di Indonesia yang masih belum jelas karena belum sepenuhya tanggung jawab antar anggota masyarakatnya.
Keadilan sering juga dikaitkan pada masalah pembagian yang merata. Kesimpangsiuran dimasyarakat Indonesia juga sangat banyak. Perbedaan status sosial yang tinggi antar masyarakat sering menjadi topic hangat perbincangan ditelevisi. Banyak orang yang disalahkan akan masalah tersebut. Hal ini menjadi penanda kurangnya pemerataan kepada masyarakat Indonesia baik dalam hal pekerjaan, pendidikan dan pelayanan fasilitas umum.
Dalam memenuhi tuntutan masyarakat pembenahan infrastruktur diseluruh Indonesia harus merata. Tidak ada warga yang menganggur, putus sekolah dan susah memenuhi kebutuhan menggunakan fasilitas umum.
Dari uraian sebelum-sebelumnya masalah yang dihadapi Bangsa Indonesia selama 100 tahun lebih kebangkitan Nasional Indonesia saling berkaitan satu sama lain. Masalah yang begitu kompleks tidak mungkin disebabkan hanya 1 orang saja dan diselesaikan dengan 1 orang juga. Sebagai warga yang baik kita tidak begitu saja bisa menyalahkan pemerintah. Pemerintah adalah pimpinan kita dan pemimpin mengurusi hal-hal besar. Tugas yang diemban para pemimpin juga berat. Namun sebagi pemimpin yang baik pula maka kita juga tidak bisa saja melimpahkan semua masalah pada kesalahan rakyat. Rakyat adalah warga kecil dari sebuah Negara. Tidak juga tidak mungkin semua rakyak ikut serta langsung dalam mengatur Negara ini karena masih mempunyai tanggung jawab dan tugas yang lain seperti pada keluarga. Terus siapakah yang salah? Apa bagian instansi yang berperan ditengah-tengah masyarakat? Mereka hanya sebatas pendukung berjakannya sebuah Negara.
Jika kita mencari siapa yang salah maka yang salah adalah semuanya. Kegiatan yang satu sangat kaitannya dengan kegiatan yang lainnya juga. Pendidikan, pekerjaan, kemakmuran dan keadilan rakyat  adalah tanggungjawab besar suatu Negara. Cara agar masalah Negara ini bisa diselesaikan adalah dengan membangun semua struktur pendukung pada setiap bidang Negara.
Negara ini adalah Negara besar yang berdiri dengan kekuatan sendiri dan bangkit dari jajahan dengan perjuangan para pejuang bangsa, tidak hanya pejuang yang tua namun para pemuda-pemudi bangsa ini telah berkorban banyak untuk kemerdekaan dan kebangkitan bangsa ini.
Kemerdekaan dan kebangkitan bukan hanya sekedar pengucapan ikrar kata “merdeka” dan “bangkit” namun kita bisa disebut merdeka dan bangkit jika kita sudah bisa menyelesaikan semua masalah, bebas dari belenggu dan mengubah status diri satu tingkat keatas dengan mencapai semua tujuan dan cita-cita nasional bangsa Indonesia ini. Tujuan dan cita-cita angsa Indonesia sudah tertulis dalam Pembukaan UUD 1945 dan berbagai aspek pendukungnya sudah tertuang dalam Batang tubuh UUD 1945. Kita tahu bahwa para pemimpin kita yang telah merancang sebuah struktur Negara ini terdahulu adalah para tokoh agama dan masyarakat dari berbagai daerah dan disesuaikan denga keadaan masing-masing. Para ulama telah memasukkan berbagai hukum islam yang sesuai dengan Negara ini. Pendeta dari perwakilan daerah Indonesia bagian timur juga telah mengusulkan berbagai persoalan menyangkut masyarakat timur yang masih banyak menganut agama katolik. Begitu pula dengan para tokoh masyarakat telah mengembangkan hal-hal tersebut.
Para pemuda negeri ini kemana kah kalian? Mengapa masih saja mempersoalkan perbedaan status, ras dan agama. Saat ini rasa tanggungjwab yang dimiliki pemuda kita menurun. Semua terhaut oleh berbagai kemerlap dunia. Persatukan para pemuda kita dengan rasa ikhlas dan tanggungjawab terhadap Negara ini. Jika para pemuda kita bergerak maka gerbang kesuksesan Negara ini akan terbuka lebar.
Negara kita adalah Negara besar dihuni dengan berbagai golongan. Negara kita terlalu condong pada masyarakat barat, padahal sebernarnya masyarakt Indonesia jauh lebih bisa arena bangsa ini memiliki banyak pemuda dari berbagai golonagan. Kalau kita terlalu kagum pada Negara barat padahal Indonesia juga menjadi Negara yang dikagumi masyarakat dunia. Kita tidak pernah sadar bangsa Indonesia.
Mari kita mulai lagi kebangkitan bangsa Indonesia ini dengan semangat baru yang lebih segar. Untuk memulai hal yang besar maka haruslah dimulai langkah kecil pertama. Maka untuk semua bangsa Indonesia laksanakanlah tugas-tugasmu dengan penuh tanggungjawab dan rasa ikhlas cinta negeri ini.kumpulkanlah hal-hal kecil yang anda semua perjuangkan mejuju kebesaran Negara Indonesia ini.
Ingatlah bangsa ini adalah bangsa yang memiliki potensi disemua bidang. Politik, ekonomi, pendidikan dan peradaban manusia semua bisa didapat di Indonesia. Cobalah anda semua untuk melakukan hal-hal kecil yang telah diuraikan diatas. Semangat Indonesiaku ! kebangkitan nasional tahun ini benar-benar kita mulai lagi dengan gerak semua rakyat Indonesia. Negara lain bisa dengan keterbatasannya maka Indonesia jauh lebih bisa dengan semua kelebihan yang diberikah Tuhan. Indonesia Bisa!!! Indonesia Merdeka, Indonesia Bangkit.



Penulis
Nama: Samsul Hidayatullah
Sekolah : SMAN 1 Bangil

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Ekiosku.com Jual Beli Online Aman Menyenangkan