Cari di Blog Ini ... !

Artikel Menarik: Siap Pangan Dari Sekolah

Oleh Samsul Hidayatullah
Grafik kemajuan berbagai aspek di era teknologi informasi sangatlah pesat sejak 15 tahun terakhir ini. Di indonesia sendiri, perombakan secara besar-besaran semenjak berakhirnya orde baru yakni era reformasi yang ditunjukkan dengan banyaknya pembangunan fasilitas umum, meningkatnya prestasi siswa-siswi indonesia di kancah nasional maupun internasional,
komunitas robotika yang semakin banyak tiap tahunnya. Pemikiran orang Indonesia sudah mulai mengarah pada kemajuan oleh masyarakat barat. Namun kita sebagai bangsa Indonesia lalai ketika sudah dimanjakan oleh kemajuan dan menjadi masyarakat konsumtif. Sikap konsumtif jika terkendali maka aman saja. Namun jika tidak, dapat mengganggu aspek kehidupan yang lain seperti masalah lingkungan, kesehatan, persaingan tidak sehat dan kesenjangan sosial diantara masyarakat.
Setelah terjadi akibat-akibat seperti diatas, membuat masyarakat mulai berpikir kembali. Sejak 3 tahun terakhir, sudah digalakkan tentang penanaman moral baik, pendidikan karakter, program dan pendidikan lingkungan dan aksi peduli sosial diberbagai lembaga pendidikan maupun instansi formal dan nonformal. Terbukti jelas bahwa salah satu wadah terbaik dalam melakukan penerapan program adalah suatu lembaga. Untuk persiapan jangka panjang sekolah menjadi acuan terpenting dalam mendidik generasi penerus. Namun apa artinya jika memang manusia sendiri yang tidak mampu menjaganya. Sebagai contoh, terjadinya lonjakan harga-harga bahan makanan di pasar karena ketersediannya berkurang. Pada Minggu kedua bulan Maret 2013 harga bawang merah dan bawang putih melonjak drastis yang terjadi karena ketergantungan masyarakat dari impor bawang Cina dan masuknya bawang secara ilegal sehingga walau bawang impor sudah datang masih tertahan di pelabuhan karena izin tidak sah. Secara garis besar yaitu, ketersediaan bahan pangan di masyarakat berkurang dari biasanya, melonjaknya harga bahan pangan, terjadinya ketidakseimbangan harga bahan pokok dan bahan sekunder, ketidakteraturan dalam pengelolaan dana anggaran kebutuhan masyarakat, lebih ketergantungan impor bahan pangan dari luar negeri. Laksana baterai bagi robot, pangan merupakan hal pokok bagi manusia. Semua orang pasti membutuhkannya, jadi semua orang juga harus turut andil dalam melestarikannya.
Krisis pangan tidak lepas dari masalah pertanian. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan dapat mengembangkan produktivitas pertanian sehingga sedikit sekali kemungkinan terjadi krisis pangan.  Dalam perkembangan yang cukup pesat, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) tentu mempunyai kendala-kendala. Jika melihat sistem pendidikan yang diterapkan di Indonesia berdasarkan tabel liga global yang diterbitkan oleh firma pendidikan Pearson yang mengatakan bahwa sistem pendidikan di Indonesia terburuk nomor 3 se-dunia sangatlah memprihatinkan. Sistem yang mengutamakan nilai membunuh kreativitas siswa. Realisasi pembelajaran yang sangat minim, hanya berupa teori tanpa praktek yang cenderung monoton.
Kebingungan meracuni siswa menyebabkan pola hidup masyarakat barat yang kurang baik dicerna begitu saja seperti halnya pola hidup konsumtif berlebih. Hal terpenting adalah realisasi dan koordinasi. Pemerintah bisa mengatur warganya dengan membahas secara matang konsep pendidikan dan selanjutnya disosialisasikan kepada masyarakat. Gelar guru yang diakui benar, dan siswa dapat memahami maksud guru.
Konsep yang diangkat adalah pola kerja sama. Kerja sama di tiap aspek mulai dari pemerintah, guru dan pembelajaran pada siswa. Kurikulum di Indonesia sangat luas bisa mencakup semua bidang yang dapat menciptakan koordinasi yang baik dalam menangani krisis pangan. Sisi positif yang dapat diambil dari koreksi kekurangan sistem pendidikan adalah masih banyak masyarakat Indonesia yang tanggap dan memperbanyak program-program aksi kreativitas siswa melalui program-program sekolah dan OSIS. Walaupun siswa masih jenuh, ada penyeimbang dari kegiatan non akademik. Sebagai contoh, Bidang Matematika dan Fisika sangat perlu dalam memperhitungkan gejala dan akibat serta dalam perhitungan pembuatan mesin produksi baru untuk meningkatkan produktivitas ladang para petani. Bidang biologi dan kimia membantu menemukan varietas baru dan penciptaan  makanan yang sehat dan bermutu untuk dapat dikonsumsi sebagai asupan dalam bekal mengembangkan kreativitas. Bidang elektro semakin diperbanyak pembuatan mesin untuk produksi pangan yang berkualitas. Bidang lingkungan dan kimia memperhatikan tata ruang yang baik agar tidak mencemari lingkungan sehingga produktivitas pangan tetap terjaga. Bidang sosiologi dan antropologi menilai pola konsumsi masyarakat agar dapat disesuaikan dengan pangan yang tersedia Bidang sejarah, menelaah kegagalan sebelum-sebelumnya. Bidang Bahasa (Indonesia dan Asing) meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi agar dapat menjalin kerja sama yang luas baik di dalam negeri maupun dengan negara asing. Bidang ekonomi mengatur keuangan dari produksi dan mengajarkan pola konsumtif yang baik. Bidang agama mengajarkan akhlak baik dan pola pikir yang jernih, seperti cerita Nabi Yusuf yang sangat pandai dalam mengatur bahan olahan, sehingga keluarganya dan kerajaan dapat makan walau kekeringan melanda. Ekstrakulikuler mengembangkan kemampuan siswa dalam kreativitas dan problem solving.
Hal-hal diatas harus terkoordinir dengan baik untuk menciptakan hasil yang memuaskan. Masyarakat Indonesia yang majemuk dan selalu berinovasi untuk kemajuan bangsa. Kreativitas dari tiap warga sangat perlu. Sistem kerja sama yang baik antar instansi dalam mencetak generasi muda yang tanggap akan masa depan menjadikan pembelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi di sekolah dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Penting bagi kita semua warga Indonesia menciptakan kerja sama dan koordinasi yang baik dengan semua pihak. Menjadi warga yang tertib peraturan dan hukum membantu pemerintah mengatur segala aspek termasuk kebutuhan pangan kita.

Samsul Hidayatullah / samshids@hotmail.com / 085790615160.


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Ekiosku.com Jual Beli Online Aman Menyenangkan